Terimakasih Untuk Andrea Hirata

Kamis malem kemaren pas tepat tanggal 25 September 2008 Pay nonton Laskar Pelangi dan hari itu hari pertama juga buat film Laskar Pelangi diputer di bioskop. Pay memang menantikan film ini. Salah satu dari sedikti film yang layak ditunggu. Sebelumnya Pay lagi baca juga sih bukunya. Setengah baca, eh keluar deh filmnya.

Langsung aja deh ke filmnya. Film ini sukses bikin Pay nyaris nangis tiga kali. Pertama di awal film, tau kan yang Bu Muslimah nunggu 10 orang murid supaya sekolah itu tetep jalan. Kedua pas liburan sekolah dimana masing2 anak kembali ke tempat seharusnya mereka berada kalau aja Harun saat itu ga dateng tepat pada waktunya. Ketiga pas Lintang terpaksa mengubur impianya dalam-dalam akan pendidikan. Anak yang cerdas hasil didikan alam itu harus merelakan cita-citanya demi realitas kehidupannya dimana dia harus menanggung beban yang terlampau berat untuk anak seusianya karena bukan keinginannya bapaknya harus meninggal.

Terlepas dari banyaknya cerita yang berubah dan detail-detail yang tidak disampaikan, menurut Pay film ini bagus. Jangan samakan dengan bukunya!karena jelas keduanya berbeda. Susah untuk memvisualisasikan kehebatan kata-kata dan kehebatan gambar bergerak. Salut buat produser dan sutradaranya. Ah..andaikan film-film Indonesia dibuat berdasarkan  idealisme, bukan kepentingan isi perut semata.

Dan keduanya, buku dan filmnya juga sukse membuat Pay malu, malu akan diri sendiri. Merekan itu dengan dipagari batas-batas yang dari kandungan sudah berdiri tegak disana dan beban hidup antara memilih pendidikan dengan realitas mampu jadi orang-orang hebat. Tau artinya cita-cita dan usaha. Sedangkan Pay?!ahk…harus banyak belajar dari mereka..

Seharusnya anak-anak orang gedongan yang mendapat fasilitas lebih akan pendidikan tau apa yang ingin Andrea Hirata sampaikan untuk kemudian direnungkan…semoga saja…

2 Comments

Filed under Light~Life

2 responses to “Terimakasih Untuk Andrea Hirata

  1. ada 3 kunci sukses :
    1. kerja keras
    2. kerja keras
    3. kerja keras
    :mrgreen:

  2. dua jempol deh, bwt tu pelm..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s