Jelanguan Project 2009 (behind d’show)

*ringtone mario bross dari Nokia N-1200

“JU maen di LSWK tanggal 15 sama closing SmansaDay 29 Mei, bisa ga?”

reply dari gw :

“Siap, gw ikut”

Kurang lebih smsnya kaya gitu awal dari gw ikutan Jelanguan Project 2009 ini. Setiap tahun kayaknya udah jadi budaya kali ya buat JU maen di dua acara ini. Singkat cerita jadilah gw ke bogor buat kumpul dan latihan, Sabtu, 2 Mei 2009. Dari semua member asli JU, ada tiga orang yang ga bisa ikut, Ucok (vokal), Bayu (keyboard, sama Dika(gitar). Akhirnya gw ktemu Jui dan Ayi yang lagi TC GSP (training camp, latian marching band dari sabtu pe minggu sore) di balaikota buat persiapan festival bogor.

Sebelum Pandu dateng gw dah ngobrol2 sama Jui tentang rencana manggung JU kali ini. Jui bilang buat paket lagu JU sih udah ada, amanlah, buat LSWK juga gampang karna konsepnya akustikan tapi buat SmansDay kan full band jadinya agak susah latiannya, apalagi gw jauh di Bandung, Pandu yang kerja bisanya latian malem doang, Ayi, sama Jui sibuk latian GSP yang mepet banget, Dhany juga jadwalnya ga jelas, ga ada keyboardis lagi. Trus Jui nanya ke gw, kalo SmansaDay ga ikut gapapa kan. Gw jawab sih, sayang juga ya, kalo gw pribadi sih pengen banget. Mending tunggu yang laen dulu deh baru putusin.

Ga lama Pandu dateng, Jui langsung ngomong buat LSWK sih aman, bisalah kita, tapi SmansaDay berat nih, alesanya gini…gini..gini…Pandu sih cuman bilang ya udah gapapa. Dalem hati gw bilang, yaah masa ga maen yah, garing banget entar pas SmansDay, gw dateng ga maen cuman ketemu2 doang sama temen2 yang laen, mana guest starnya Tangga lagi, yaah.kalo The Panas Dalam sih gw pasti dateng, haha..ngarep. Udah tuh, abis itu nunggu Dhany. Gw smsan ama dia kalo kita nunggu di Balkot, dia lagi di jalan mau nganterin Mia dulu ke rumahnya. Udah agak malem juga tuh sekitar jam 1oan. Keputusannya masih LSWK maen, SmansaDay engga.

Jui ternyata ngesms Dhany juga, karna udah malem Jui bilang ke Dhany biar langsung pulang aja. Tau Jui sms gitu gw langsung sms Dhan, intinya kalo ga cape lu kesini dulu deuh ngomongin JU nih. Alhamdulillahnya dia ternyata ga masalah, biasa nih penyakit Jui ga enakan sama orang. Akhirnya Dhany dateng, trus langsung aja diomongin kondisinya begini…begitu..bla..bla..bla. Dari situ mulai deh terbuka, Jui juga moodnya udah rada bagusan, soalnya dari magrib rada-rada jelek moodnya gara-gara nona muda itu, haha… D

Jam 11 waktu itu, kita ngomongin SmansaDay. Pandu ngasih tau kalo buat  SmansaDay, JU cuma dibayar sejuta padahal fullband, biasanya sih diatas 1,5 juta. Bukan apa-apa, kita juga butuh duit buat latian, kan masih belangsak😀, ongkos dan lain-lain juga dibayarnya pake duit bukan pake daun. Tapi kita juga kepikiran kalo nolak buat SmansaDay dikiranya gara-gara bayaran kecil jadi ga mau. JU ga mau banget kesannya kaya gitu, kenapa bisa gitu?karna bayaran di LSWK lebih gede. Terus takutnya juga OSIS yang sekarang kena semprot gara-gara ga bisa ngejaga hubungan baik sama alumni (JU) terkait kasus acara Solitare taun kemaren. Terus lagi takutnya SmansaDay garing ga ada JU (ini sok kepedeannya JU aja sih,haha). Terus lagi ada selentingan dari Pandu, Jui, Ayi yang bilang panitianya ngarepin banget JU maen, biar seru katanya.  Pikir gw, meuni mikiran banget yah JU sama orang laen, hahaha…bisa aja kita sebodo amat, tapi JU ga bisa gitu sih.

Ternyata-eh ternyata setelah diomongin kita nemu jalan keluarnya. JU maen di SmansaDay asalkan studio latian disedain sama panitia. Waktu latiannya yang semua bisa yaitu, minggu malem, senin malem di studio, sama kamis malem distudio plus H-1 malem di studio juga.  Kita punya personel baru si Adit yang mirip banget kalo jadi adeknya Jui, ternyata maen bassnya jago banget, pernah jadi bassis terbaik di festival bogor katanya sih, ya udah karna waktu buat latian gw sempit juga (*soalnya gw bukan musisi sih, haha) jadilah gw nge-rhytem, hiks2…padalah pengen banget maen bass. Sip, ktemu. Tuh kan kalo diomongin ada aja jalannya. Jadilah JU maen di dua acara itu.

Gw dalam dua minggu terakhir ini bolak balik Bogor-Bandung. 120 km udah kaya Smansa – Darmaga aja, seminggu bisa 3 kali PP Bandung-Bogor, di kampus gw juga pas lagi riweuh-riweuhnya. Mulai dari seminar TA1 gw yang menentukan langkah gw dalam kelulusan, tugas kuliah sampe urusan praktikum. Arrrgh…cape banget, hasilnya gw latian buat LSWK cuma 2 kali. dan buat SmansaDay aja cuma seminggu, wuedan..keputusan yang tepat gw maen ryhtem aja. Tugas gw cuman ngisi kekosongan aja, jadi ga terlalu harus latian banyak. Yang laen sih latian dengan lancarnya di Bogor.

Latian buat LSWK sih cukup di rumah Oki (*anak GSP) dan Balkot, lancar jaya sampe acara hari H-nya. Seru banget, baca postingan sebelumnya yah. Latian di studio pertama yang gw ga ikut akhirnya nyari sendiri.(duh panitia gimana sih, katanya mau nyediain). Latian yang kedua kita nagih studio, dapet sih tapi fasilitanya amat sangat tidak mendukung. Parah abis, mulai dari sound mic yang meledak-meledug, gitar yang ga nyetem mulu, dan ga ada Keyboard, Mia cuman bisa pasrah T.T. Latian kedua akhirnya kita minta ganti di Pandawa. Nah ini baru bener, latiannya enak banget. Buat gw, disini baru diitung latian, sebelumnya gw cuman bisa bengong. Latian ini hari Senin, 18 Mei 2009, gila yah, dan belum rapih banget. Selasanya gw ke Bandung buat presentasi tugas, Kamis pagi ke Bogor lagi. Kamis malem kita latian lagi di Pandawa, baru deh mulai keliatan bentuknya. Jumat malem JU latian lagi tapi ada masalah.

Rencannya Jumat malem kita latian jam 8-10 di Pandawa. Gw, Dhany, Pandu janjian di Balkot ktemu Jui, Billy, Ayi yang lagi latain marching band. Ternyata mereka latian sampe jam 9 malem. Giling, akhirnya kita batalin yang di Pandawa padahal udah dibayarin sama Ocha (LO JU) ma si Bebek yang ngikut. Sayang banget kan, trus akhirnya kita booking studio di Rajawali jam 10-12. Itu rencana paling aman dengan resiko duit di Pandawa ga dibalikin, jadinya latian pake duit sendiri. Gw, Dhany, sama Pandu ke Pandawa buat klarifikasi, ah mereka baik banget, kita minta pindahin jadwalnya jadi sabtu jam 10-12 dan ga ada pemotongan sama sekali, terima kasih.

Dhany baru nyadar dan mikirin ternyata ada paket yang menurut dia ga JU banget, akhirnya diubahlah tuh pake dalam semalam, hebat kan, H-1 masih belum fix paketnya, haha..untungnya pas latian sih ga masalah karna paketnya pernah dibawain pas LSWK. Ribet ngapalinya lagi sih.

Singkat cerita sampailah di hari H, 23 Mei 2009, JU dateng jam 12, rencana tampil jam   2 siang. Dateng-dateng kita dianteri Ocha sama PN (LO kita juga) ke ruangan. Mulai deh iseng nyobain kostum. Tema kostum kita sekarang yaitu Gaza, jadi pake baju-baju beraroma timur tengah gitu, dan pake sorban yang penting, sama ada beberapa masker jadinya keren parah. Mia pake baju ibu2 gitu, kocak dah liat si Mia gitu dandan ancur2an buat JU, haha..mau aja sih Mi, tapi tetep cantik kok,heuheu..

Pas liat panggung, gw curiga nih acara ngaret, DayLight tuh harusnya maen sebelum dzuhur, tapi kenapa lagi siap2 pas jam setengah 2?!. Kebetulah Hilmi lewat, jadilah dapet info emang ngaret. Dhany yang lagi latian buat Diafragma juga nanya ngaret. Beuh, ada aja masalah pikir gw. Dhany ama Mia tuh harus ada di bandara jam 6 buat take off ke Jogja. Dhany sama Mia bakalah tampil di Jogja atas nama Alunada di acara ulangtaun MB UGM.

Bener aja JU maen ngeret 2 jam. Rencana awal jam 2 baru maen jam 4. Dhany dah ketar-ketir parah, efeknya JU juga jadi keburu-buru. Repot parah gara-gara jam karet ini. Ada wacana juga satu paket ga dibawain biar cepet plus ada pake t tanpa drum dan keyboard, gila yah. Tapi akhrinya Dhany ma Mia belai-belain JU tuh. (Panitia!makasih ke mereka yah).

Manggung sih seru, seperti biasa ada si Uci n d’geng yang neriak2in nama gw.  Buat seru2an seru juga. penontonnya gila!rame bener, sampe berebutan di depan panggung. Goyang bersama, nyanyi bersama, berdesak-desaan di Smansa udah ga kerasa deh.Gokil dah, makasih yah Jelangwan dan Jelangwati yang nonton. Buat guru2 SmanSa juga yang nyempet2in nonton, ada Pak Bas, Bu Nana, Bu Endan dll..makasih. Buat angkatan Tahu Logay juga makasih dah pada dateng (*emangnya mau nonton JU doang?!haha)

Hah, akhirnya beres juga nih Jelanguan Project 2009, di backstage seru juga, Billy ngelawak mulu, mana ngebungkusin sisa minuman ke dalem kardus. Sumpah norak abis. Kaya yang orang kampung yg lagi pulkam dari kota. Band laen mah keren-keren, pake mobil pula, kita mah naek motor, bikers abis…hahaha,gw n billy ikutan klub motor lagi, wakakakak..

Dhany ma Mia gimana?alhamdulillah mereka nyampe pas jam 6 di bandara buat boarding, makasih buat yang ngaterin mereka juga. Kalo kata Dhany di smsnya  ” Alhamdulillah sampe juga, there is a will, there is a away, tapi aing sedih kapikiran keneh tadi manggung, menurut ente Jelanguan juara dunia teu?” gw jawab dalem hati “pastinya blay…”, menurut kalian gimana?

26 Comments

Filed under Light~Life

26 responses to “Jelanguan Project 2009 (behind d’show)

  1. superranger97

    waa jadi terharu .. hiks .. sampe segitunya JU buat smansa . tapi emang bener , kalo ga ada JU jadi ga kerasa smansadaynya . salut lah . makasi banyak yah !
    kapan sih JU ga juara ?
    *kapan2 maen bass lagi dong !

    • lightbreath

      yah, gimana yah…kelakuan JU emang begitu sih, hahah…

      Soblay, tuh ada yg ngejawab selain gw, kapan sih JU ga juara?

      maen bass ya?hmmm…pengen segera, gw harus belajar banyak dulu tapinya..

  2. wety

    su cheenn…jelang uan selalu bikin wety ketawa ngakak..haha

    siapa seh nona mudanya jui?jadi penasaran..haha
    senang senaang bisa ketemu anak2 tahu lagi..seminggu kemaren yang ngeselin abis jadi ga berarti..caelaahh haha

    • lightbreath

      wahahah…kelakuan si Jui + Monon tuh yang aneh2 aja..
      nona mudanya masa ga liat sih?ada ge di backstage. lucu loh, hahaha…
      pas pagi SmansaDay lu bete kan?gw kira lu ga balik lagi, untungnya engga, hehe,,,seru deh jadinya pe malem, haah, gila ih gw buang2 duit 25 rb buat tidur di sana, wkakakk…

  3. Ndaaaah

    hahahahaaha goookil deeh trnyata perjuangan JU patut diacungkan 4jempol (sama kaki juga huehehe)…ga dikit loh yg bilang pengen ntn Smansa Day 2009 cm gara2 JU nya doang…

    p.s : siapa yg ngasi ide lagu konglekong tuh?kocak abeeess haha…

    • lightbreath

      Ndaaaah…punya blog ga?ntar di taut nih..Ndaaaah itu sp?
      masa iya gitu demi JU doang, huhu..jadi terharu

      konglekong diciptain sama si Jui, Ayi, n Anak GSP lainya.

      • Ndaaaah

        gaaaa, aye blm punya blog niih…pengen bikin jadinya,tapi gangerti hahahaha😀 blm pnah liat JU manggung d luar smansa nih, kalo ntar tampil dluar smansa,kabar2in yaah, siapa tau feel nya beda,hahahaha naaaon?

    • lightbreath

      iya nih, JU mah jago kandang, ga tau deh kalo diluar mah kayak gimana, pernah sih tapi tetep aja eventya anak Smansa, belum ada tawaran menarik sih, ga sembarang juga soalnya kita mah ga banci tampil, haha

      • Ndaaaah

        wah padahal seru kan kalo bisa go international (lohhhh?)…haha.. .ehh mau koreksi dong itu di postingannya di paragraf awal, smansaday tgl 23 baaang bkan 27…maen loncat2 aja nih..huehehehe

      • lightbreath

        diamin aja deh…amin

        akhirnya ada yang menyinggung juga, emang awalnya gw di sms tanggal segitu, eh salah juga deng, harusnya malah tanggal 29 Mei hari Jumat, beneran segitu, tapi akhirnya dapet info2 yang benernya ternyata tanggal 23, gituh…btw thx dah ngingetin

  4. occacao

    wooow..makasih JU!hahaha makasih udah bikin sukses smansaday 2009,makasih juga buat ka dhany sma ka mia yg udah bela belain waktunya..keren lah ju mah!four thumbs up..hehe..awalnya rada cape juga ngurusin kalian..latiannya apalagi tapi yah terbayar sudah dengan suksesnya show kalian..pengalaman jadi LO pertama kali nih jadi sori sori yak kalo kurang maksimal,apalagi sama studio yang pertama,ingat?gw bela belain balik jam 10 malem liat kalian latian..tapi emang tu studio parah parah..dan yang lebih penting eksis gila nih nama gw disebut sebut d blog lu pay!kapan kapan lagi ya!heuheu

    • lightbreath

      ntar gw sampein ke Dhany n Mia.
      cape ngeliat kelakuan kita ya?hahah..titik nol miring ke kira emang.
      Oh, pantesan, lu ga beres nih jadi LO-nya, tapi ga nyesel kan jadi LO-nya JU, liat si Ka Billy ngebodor, hahah…
      Kapan2 yah, kalau kita ….(isi sendiri) oke..

  5. occacao

    oiya..jd keinget tingkah konyolnya ka billy ! ahahaha masukin baju baju ke dalem kardus akua sama pocarisweat..dasar odong
    lagu henpon kamera nya kocak, boleh tuh kapan kapan jadi paket lagu ju manggung.

    salam buat semuanya ya !

  6. Panitianya parah total lah. Bela – belain anak – anak dateng ke SMANSADAY cuman buat nonton JU ama Diafragma ehh malah ngaret plus Diafragma gak nongol. Tapi pay kalau kata gua JU mungkin gara – gara jadwal ketat sich jadi kurang ngobrol ama penonton.

    BTW tuh lagu ditulisin di Note donkx lumayan buat inget – inget heheheh. Sarap gila lah loe semua gak nyesel liat pada goyang. Dan seperti biasa ben tamunya mati goyangan dan penonton gara – gara JU

    *ehm Videonya please

    • lightbreath

      Tuh pantia, dengerin ya, dibilang parah sama penonton. Emang sih kita juga ga enak, udah ngasih taunya jam 2, apa daya dong, ngaretnya ga kira2, haha..2 jam, beruntung Mia n Dhany nyampe ke bandara pas waktu, kalo engga, wah bakal jadi kasus lagi…

      Kalo pengen banyak ngobrol harusnya lu nonton pas LSWK bay, baru tuh puas,haha…

      Ide bagus, ntar gw cari yah, biasanya abis manggung pada lupa semua dah😀

      Buat video, gw usahin deh yah…

    • Lah pas LSWK kan loe telat ngasih tau . ah sial nyesel gua gak nonton

      • lightbreath

        ya udah deh kalo gitu gw kasih tau ya, ntar taun depan nonton JU di LSWK yah…(*kaya yg diundang lagi aja)

  7. superranger97

    kata siapa gua jago ? jagoan lu kali .. tapi gapapa sini kalo mau diajarin . hahaha ..

    • lightbreath

      kata gw sebelumnya.amin deh kalo gw dibilang jago mah.

      trus kalo gw lebih jago lu mau ngajarin apa?

      • superranger97

        kayak lu pernah liat gua maen aja . tp gua juga ga pernah liat lu maen bass sih pay ..
        yauda gantian deuh . lu aja yg ngajarin .

  8. puteri nurul M

    apaan nama gue cuma ada 1 biji haha gapapa deeh. makasi yaa jelanguan, maaf ga bisa maksimal jadi LO tapi seru deeeeeeeeeeh jadi LO jelanguan, lucu lucu siih orangnya jadi aja tertawa terbahak-bahak apalgi ka billy hahahahahahahaha. sukses selalu yaa JELANGUAN !!

    • lightbreath

      walah2..mau berapa biji emangnya?kalo kebanyakan entar eneg..
      sama2, makasih juga udah mau direpotin sama kelakuan anak2 JU. amin, moga2 aja JU lanjut terus ya…

  9. HAHAHAHAHAHA.. si dani kocak siah.. juara dunia tentu sajalah, hahaha.. kemaren pas smansa day gw malah nonton JU doang, trus balik lagi ke rs (ga nonton tangga sama sevensoul). hanya kalian yang bisa lah pokonya!🙂

Leave a Reply

