Just Do It

just do it

Sutradara : “yaak….action”

lalu para aktor dan aktris pun beradegan sesuai skenario yang ada….

“Action”atau sebuah aksi, simpel memang, bahkan kita kadang tidak menganggapnya ada ketika kita melakukan aksi itu. Tapi dari satu aksi kecil itu akan bergulir bola salju yang semakin besar dan membesar sehingga menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

Dari sebuah wacana untuk membantu Prita Mulyasari yang bermasalah untuk membayar denda kepada RS OMNI, sebagian kecil orang mulai mengumpulkan koin demi koin, kemudian aksi itu menyebar ke seluruh penjuru negeri dan akhirnya aksi itu mampu menghasilkan sesuatu yang nyata, dana untuk Ibu Prita. Itulah ide dengan sebuah aksi.

Tahun 2009 sudah terlewati, orang pun beramai-ramai di 2010 ini membuat resolusi dalam hidupnya. Sebagian orang banyak meyisakan sesuatu yang belum tercapai di 2009 dan mungkin akan digeser di 2010. Kenapa yah belum tercapai?umumnya jawabannya adalah karena rencana itu belum sempat dilaksanakan. Itulah ide tanpa aksi.

Di 2010 saya mulai dengan mengikuti Blogor Bebersih Bogor. Saya tidak berpikir itu sebuah aksi yang cukup nyata untuk membuat kota ini terlihat lebih nyaman untuk dihuni karena itu hanyalah sebuah aksi memunguti sampah di sebagian kecil kota Bogor. Yang menarik adalah ketika di tengah-tengah keasyikan memunguti sampah yang hanya berupa bungkus permen saya melihat ke belakang, kepada jalanan yang telah saya lalui. Saya pun terkejut akan hasilnya, terlihat indah sekali, padahal yang saya lakukan hanyalah memunguti sampah yang terlihat. Kecil memang, tapi itulah sebuah aksi.

Seorang kawan dari Blogor pun menyadarkan hal ini. Mengutip perkataanya “Di blogor tuh banyak sekali ide-ide yang luar biasa, tapi yang kita butuhkan adalah Ismi-Ismi lainya *merujuk pada pencetus ide sekaligus eksekutornya*”, kemudian ia melanjutkan kata-katanya “kita perlu orang-orang yang beraksi di lapangan”.

Merasa ditonjok di ulu hati, selama ini hanya ide-ide yang keluar tanpa pernah direalisasikan. Ingin ini, ingin itu tanpa pernah direalisasikan. Ide tanpa aksi layaknya visi tanpa misi, mengambang. Dalam Islam pun sudah diingitkan, bahwa surga diwariskan pada orang yang beramal, bukan orang yang berilmu. Amal ibarat aksi dan ilmu ibarat sebuah ide. Keduanya saling melengkapi.

Ketika mengingat apa yang sudah kita lakukan, kadang kita bertanya-tanya, “kok bisa ya kita seperti itu/ini”. Ternyata jawabanya adalah tag line iklan Nike “Just do it”. Ketika kita memulainya kita tidak memikirkan akan seperti apa hasilnya, apakah itu akan berakhir baik atau buruk, beguna atau sia-sia. Kita tidak membuat ketakutan-ketakutan yang belum terjadi, ya hanya lakukan saja dan biarkan semuanya mengalir.

Dan hei, pernahkan kita merenung, apa yang kita takutkan ketika memulai sesuatu tidak pernah benar-benar terjadi dan tidak seburuk apa yang kita bayangkan?

Oke, 2010, saya datang untuk beraksi…😀

Leave a comment

Filed under Light~Life

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s