Balada Roker (1)

Semenjak gw kerja di Jakarta tepatnya di daerah Sudirman, gw otomatis mengandalkan moda transportasi kereta api sebagai pilihan utama dalam bekerja. Alasannya karena daerah Sudirman paling mudah dicapai melalui Stasiun Sudirman. Pun dari bogor aksesnya mudah dan tentu saja relatif lebih murah jika dibandingkan dengan moda transportasi lainnya misalnya bis.

Sampai sekarang ini gw udah mengalamin tiga macam bentuk kereta. Bukan bentuk secara fisik, dari dulu tetep sama kok, gerbong berderetan😛, tapi ini lebih ke konsep perkeretaan. Dulu pertama kali masuk kerja, KRL Jabodetabek ini masih ada tiga kelas yaitu Ekonomi, AC-Ekonomi dan Express. Ekonomi ya you know-lah itu seperti apa, image-nya adalah, desak-desakan, murah, massal, semrawut, kotor. AC-Ekonomi itu kereta ber-AC namun berenti di setiap stasiun. Dan terakhir Express, yaitu kereta ber-AC yang cuman berhenti di beberapa stasiun tertentu.

Per-Juli 2011 konsepnya pun berubah. KRL yang tiga kelas disederhanakan jadi dua saja yaitu kelas ekonomi dan Commuter-Line. Yang terakhir ini adalah peleburan kelas AC-Ekonomi dan Express, konsepnya yaitu kereta ber-AC yang berhenti disetiap stasiun. Perubahan ini tentu saja sangat terasa dampaknya. Buat gw yang dulu pengguna Express, biasanya dari Sudirman-Bogor cukup dengan waktu tempuh 45 menit kini menjadi 1 jam 5 menit, dengan catatan jika tidak ada gangguan selama perjalanan. Kenyataanya waktu tempuh ketika berangkat pagi sekitar 1 jam 15 menit sampai 30 menit, dan waktu tempuh untuk pulang rata-rata 1,5 sampai 2 jam. See?!
Bayangkan meen, kasus terburuk dan tersering adalah ga dapet duduk, so gw harus berdiri kurang lebih hampir 2 jam. Cape?Pasti.

Per 5 Desember ini konsep perkeretaan andalan rakyat Jabodetabek ini berubah lagi. Perubahannya yaitu rute yang lebih disederhanakan. Kalo dulu ada yang namanya Tanah Abang- Depok, Tanah Abang – Bojong Gede, Jakarta Kota – Depok, Manggarai – Bogor, Serpong – Manggarai dan masih banyak lagi rute-rutenya. Kini diberlakukan loop-line, yaitu rutenya sederhana saja, Bogor – Tanah Abang – Jatinegara, Bogor – Kota, Serpong – Tanah Abang, Tangeran Duri, Bekasi – Kota. Bayangin adalah semua kereta kini cuman sampai titik-titik persimpangan seperti Duri, Tanah Abang, Jatinergara, Manggarai. Dan antar dalam kotanya dilayanin oleh kereta tertentu yang kerjanya keliling kota dari Manggarai-Tanah Abang-Duri-Angke-Jatinegara. Hmm..gampangnya bayanging sebuah lingkaran yang diiris-iris. Matahari dengan sinarnya. Haaa..seperti itu.

Harapannya sih dengan perubahan ke konsep Loop Line ini membawa dampak jadwal yang lebih banyak dan jarak antar kereta bisa jadi lebih singkat. Namun dari uji coba yang dilakukan sejak tanggal 1-4 ini sepertinya pihak internal PT. KAI dan Commuter Line sendiri belum siap. Simak aja tuh timeline di twitter yang isiinya sumpah serapah dan kutukan terhadap perubahan ini. Kalo buat gw sih ga jauh beda sama yang lama, masih suka telat tapi efek bagusnya ada jadwal-jadwal yang menguntungkan gw. Hehe. Sampai saat ini gw yakin ke depannya dunia perkeretaan ini bakal lebih baik. Efeknya mungkin belum terasa sekarang, tapi nanti akan kerasa. Pikiran gw sih kalo mempertahankan konsep lama dengan banyak rute itu bakal susah mengaturnya jika ada kereta yang akan ditambahkan ke trek. Dengan penyederhanaan rute ini akan lebih mudah dalam mengaturnya bukan?

Ga ada abisnya kalo ngomongin si kereta ini, seribu satu cerita yang selalu hadir setiap harinya. Mulai dari kereta telat,gangguan,penuhnya sampai perubahan jadwal. Karena ga mungkin dibahas semua dalam satu waktu, makanya judulnya gw kasih “(1)”. So, sampai nanti di Balada Roker(2).😉

Leave a comment

Filed under Light~Life

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s