Marhaban Ya Ramadhan

Alhamdulillah ketemu bulan Ramadhan lagi, saya sangat-sangat mensyukurinya karena mungkin diantara orang-orang yang kita sayang, temen-temen kita, saudara-saudara kita ada yang tidak bisa menjumpainya lagi padahal bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Mari kita doakan buat mereka yang tidak menjumpainya lagi agar kita bisa bertemu bareng-bareng lagi di surga kelak. Amin.

Entah ya, saya pribadi selalu excited untuk memasuki bulan Ramadhan ini. Hawanya, suasanya, keindahannya, dan segala printilan tetek bengek itu cuman ada sebulan setahun sekali ya di bulan ini. Merunut ke belakang, saya ingat sekali pertama kali sadar namanya berpuasa, mungkin umur 4-6 tahun kali ya. Bulan Ramadhan kala itu jatuh pas di bulan Februari, jadi ingetnya atau dibilang rasanya, bulan puasa ya bulan Februari, kebetulan juga di tanggalan itu bisa 28 bisa 29. Maka ketika tahu bahwa ada yang 30 hari ya kaget juga karena bayang-bayang si bulan Februari kan cuman mentok di 29 itu juga empat tahun sekali.😛

Syukurnya bertambah karena Ramadhan kali ini bersama istri tercinta (hai nyonya @untsu :*) dan si Haha (hai Haha *elus2) dan juga keluarga yang stabil. Ya masalah keluarga ini cukup pelik juga sekitar 2 tahun ke belakang, pun sampai sekarang masih ada yang belum beres.😀

Daan kebiasaan semenjak SD, kelas 6 kali ya, berarti umur 12 tahunan, saya terbiasa punya target ibadah dalam bulan Ramadhan. Targetnya simpel aja sih, khatam Al-Quran minimal sekali. Mulai SMP dengan iming-iming duit lebaran oleh Ibu, jadilah rajiiin banget baca Al-Quran sampai khatam. Caranya satu hari minimal 1 juz. Bulan puasa kan 29-30 hari, jadi kurang lebih paslah. Tapi beberapa tahun kebelakang targetnya jadi kurang tercapai, bukannya makin rajin malah makin males,  terutama setengah bulan ke arah Idul Fitri.

Jadi ini resolusinya, saya buat target utama baru di Ramadhan kali ini yaitu :

  1. Khatam Al-Quran bacaan 30 juz.
  2. Tertib sholat fardhu dalam artian diawalkan.
  3. Memperbanyak Sholat sunah.

Yak itu aja deh 3, itu juga dah berat banget. So strateginya harus disiapkan dari sekarang. Tunggu saya inget-inget dulu penyebabnya kenapa beberapa tahun terakhir ga kepegang targetnya. Mari kita list :

  • Kebanyakan acara bukber
  • Sibuk kerjaan
  • Keburu males gara2 target harian ga tercapai (1 hari satu juz)
  • Kebanyakan lahan (lahan itu adalah kegiatan2 yang tidak ada unsur ibadahnya seperti nonton TV, dengerin musik dll)

List no tiga kayaknya yang berpengaruh banget. Untuk mengakalinya (sebenernya ini strategi lama, tapi layak dicoba). Bacanya dibagi per sholat 5 waktu. 1 jus itu rata-rata di Al-Quran itu kurang lebih 10 lembar, artinya setiap sholat minimal baca 2 lembar. Tampak mudah bukan?hoho..tapi tak semudah prakteknya sodara-sodara. Untuk melengkapi strategi ini saya udah cari-cari aplikasi Al-Quran di Android yang oke dan dah nemu, namanya Quran Droid. Aplikasinya simpe, cukup lembaran Al-Quran bacaan yang ada bookmarknya. Yihaa, ga ada alasan untuk lupa dah sampai mana dan alasan ga ada Al-Quran, anytime, anywhere, now I can read my holy Quran.

Kalau istilah di internet, di bulan Ramadhan ini, Allah kasih bandwidht 1Gbps untuk download pahala sebanyak-banyaknya. Banyangin setiap pahala dilipat 10 kebaikan sampai dengan semau Allah. Dan alif lam mim (ayat pertama surat Al-Baqoroh) itu diitung 3 huruf atau sama dengan 30 pahala sampai tak hingga. Mantap kan?!

Ini targetku, mana targetmu?Mari saling mengingatkan, mari berlomba dalam mencari kebaikan.😉 Marhaban ya Ramadhan, mohon maaf jika saya ada salah baik yang disengaja maupun tidak disengaja. Happy Ramadhan😀

5 Comments

Filed under Light~Life

5 responses to “Marhaban Ya Ramadhan

  1. pay, itu appsnya gw cari di google play kok ga ada ya? ohiya, kalo udah install ini HPnya gapapa ga ya dibawa ke toilet?

  2. Pingback: Buka Puasa Bersama « Light Breath

  3. Selamat menjalani bulan ramadhan dengan jiwa yang bersih menutup segala bentuk2 pekerjaan yang di dalam Oleh Nya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s