Lorong Gelap

Suatu ketika ada 3 orang sahabat terbangun di sebuah tempat gelap. Mereka meraba-raba dinding sekitarnya dan menyadari bahwa mereka berada di sebuah lorong. Mereka berjalan dan berjalan sampai ketika mereka meraba banyak sesuatu yang ada di sekelilingnya. Β Karena gelap mereka tidak punya ide apa-apa tentang benda-benda itu.

Sampai suatu ketika ada bisikan yang menyuruh mereka mengambil sebanyak-banyaknya benda-benda itu. Satu orang diantaranya mengambil hanya sedikit, satu orang lainnya mengambil cukup banyak, dan orang terakhir mengambil banyak sekali. Mereka pun berjalan sampai suatu ketika menemukan titik terang di ujung yang jauh. Mereka berhasil keluar dan apakah yang mereka bawa. Ternyata benda-benda yang mereka bawa itu adalah perhiasan yang terbuat dari emas dan berlian.

Beruntunglah orang terakhir yang membawa benda-benda itu sebanyak-banyaknya. Walaupun berat ketika berjalan keluar, ia mendapatkan hasil yang luar biasa. Dan kurang beruntunglah dua orang lainnya, karena hanya mengambil sedikit, mereka berdua hanya mendapatkan sedikit hasilnya.

Nah itu adalah cerita sebagai gambaran apa yang kita lewatkan di bulan Ramadhan kali ini. Seperti lorong yang gelap. Memang kita tidak akan tahu hasilnya seperti apa, hanya saja kita tahu bahwa dengan beribadah sebanyak-banyaknya di bulan Ramadhan ini maka kita akan mendapatkan pahala yang banyaknya. Pahala itu sesuatu yang ghaib, kita sendiri takkan bisa melihatnya sekarang. Tinggal kita memilih apakah akan menjadi orang yang pertama, kedua, atau yang ketiga. Hehe. Mudah-mudahan bermanfaat.

Dari Pidi Baiq, doaku mudah-mudahan sederhana, semoga pikiran ini tetap melangit dan hati tetap membumi. πŸ™‚

Advertisements

Leave a comment

Filed under Edisi Ramadhan, Light~Life

Perihal Istirahat Ramadhan

Alhamdulillah sudah kembali beraktifitas mulai kemaren. Satu tantangan dan godaan di bulan Ramadhan adalah ketika harus mulai membagi waktu dengan aktifitas seperti biasanya. Buar yang bekerja ya kerja buat yang sekola ya sekola. Di masa inilah gw paling kangen sama Gusdur. Karena beliaulah satu-satunya presiden yang meliburkan sekolah sepanjang Ramadhan. Epic! πŸ˜€

Walaupun begitu gw tetep bersyukur jikalau sampai saat ini target masih pada tercapai. Dan ngantuk adalah yang paling pol efeknya karena gw sendiri sih dah full kegiatan sehingga tidur adalah barang yang amat langka. Dalam 24 jam kebelakang aja gw baru tidur alhamdululillah 2 jam.

Ngapain aja tuh 2 jam. Agak sulit menjelaskannya, mungkin akan jelas kalo ikut gw aja. Haha. Semoga puasa teman-teman terus lancar sampai akhir Ramadhan nanti. Amin. πŸ™‚

Leave a comment

Filed under Light~Life

Keutamaan Bulan Ramadhan

Alhamdulillah memasuki hari ketiga, itu berarti sudah dua hari melewati Ramadhan kali ini. So far so good, dalam arti dua hari ini karena juga bertepatan di hari Sabtu Minggu, semua target ibadah bisa dikatakan baik dalam pencapainnya. Horay.

Sebagaimana sudah saya sering singgung dan katakan, di bulan Ramadhan ini ibaratnya Allah kasih bandwidth 1Gbps untuk jaringan akses ke pintu-pintu rohmatnya. Sekarang terserah kita menyikapinya bagaimana apa tetep pagi paket berlangganan yang 100k dengan kecepatan download max 384kbps itupun kena limit download 2Gb jadi kena fair usage aliat turun kecepatan ke 64kbps ketika udah lewat limitnya. Atau khusus bulan ini paket internetnya di upgrade ke paket corporate lintasarta yang kecepatan bisa max 14Mbps dan ga ada limit-limitnya. Wow.

Bulan puasa juga bisa diibaratkan seperti hujan yang amat deras. Tergantung kita mau mewadahi airnya menggunakan apa. Bisa hanya sloki wiski, cup teh, cangkir, gelas bir, mangkuk, piring, atau toren, kolam renang, atau danau sekalian. Apa yang akan kita dapatkan ya sebagaimana wadah yang kita gunakan.

Sesungguhnya keutamaan bulan Ramadhan itu ada 3, ini saya lupakan sumbernya dari Al-Quran atau Hadis. Tunggu saya inget-inget dulu. Hehe. Maklum udah kelewat tidur jadinya suka lupa. Ohiya ini :

  1. Allah membuka semua pintu surga. Di bulan yang istimewa Allah obral pahala. Semua pintu terbuka, terserah kita mau masuk ke pintu mana aja. Keran pahala diloskan. Kita tinggal pilih nanti mau masuk pintu yang mana. Horay πŸ˜€
  2. Allah tutup semua pintu neraka. Nah sebaliknya, pintu neraka ditutup serapat-rapatnya. Peluang manusia untuk berbuat dosa dipersempit. Dengan menyadari dirinya berpuasa insyaAllah akan senantiasa menjaga tindak tanduk perbuatannya. Istilahnya orang mau berbuat dosa itu malu duluan karena inget dirinya puasa.
  3. Beberapa Setan di belenggu. Nah loh, beberapa loh ya, artinya ga semua. Dikatakan disana memang beberapa. Ada tetap setan yang menggoda kita selama bulan puasa tapi kuantitasnya ga seberapa.

Nah sebenernya sih masih banyak keutamaan yang lain seperti disisi Allah itu bau busuknya orang yang berpuasa (maksudnya napas naga lo lo semua :D) itu lebih wangi daripada minyak kasturi. Di arab sana minyak kasturi di jaman Nabi itu minyak yang paling waningi. Disii Allah bau naga mulut kita bayangkan lebih wangi dari minyak wangi paling wangi sedunia. Tapi ya kalo diantara manusia ya tetep bau. Jadi jangan lupa sikat gigi ya abis sahur. Hehe πŸ˜‰

Oiya, hari ini dah pada mulai beraktifitas seperti biasa. Semoga tetep kuat, dan bisa menjaga puasanya dari pengurangan-pengurangan nilainya. Marah, berantem dll ga lantas membatalkan puasa, tapi pahalanya aja yang berkurang. Rugi kan kalo sampe berkurang. Selamat beraktifitas. πŸ™‚

3 Comments

Filed under Light~Life

5 Sukses Ramadhan

Alhamdulillah hari pertama dah lewat dan dilewati dengan optimis, artinya semua target sebelumnya berjalan lancar step by stepnya. Syukurnya lagi karena kakak saya yang pertama dah sepenuhnya pindah ke rumah baru. Tinggalah saya dan si nyonya di rumah nenak ini.

Ngomongin kesuksesan di bulan Ramadhan, ada 5 kesuksesan yang ingin saya capai di bulan ini. 5 kesuksesan yang melengkapi target ibadah sebelumnya, apa aja?ini dia :

  1. Sukses Puasanya, dalam arti bisa puasa full sepanjang bulan Ramadhan dengan sesedikit mungkin mengurangi pahala puasa seperti menahan lapar dan dahaga (lah iyalah namanya juga puasa), menahan hawa napsu (dari omes sampai ke yang bikin marah-marah) dan lain sebagainya.
  2. Sukses Sholat Tarawihnya, walaupun ini adalah ibadah sunnah tapi sayang banget kalo dilewati. Nabi Muhammad s.a.w sendiri tidak pernah absen untuk melewatinya. Di ceritakan, awalnya sholat ini dipraktekan Nabi di mesjib, sehari ada yang ikutan sholat di belakangnya, dua hari yang ikut makin banyak, ketiga hari yang ikut makin banyak lagi. Akhirnya dengan maksud biar ga disangka sholat wajib, Nabi melakukannya di rumah saja.
  3. Sukses Baca Al-Qurannya, nah ini dah ada di postingan sebelumnya. Minimal target harian sehari adalah 1 juz. Thanks to QuranDroid yang membuat membaca Al-Quran menjadi mudah, anytime, anywhere (tapi ya ga semua tempat kali).
  4. Sukses Lailatul Qodarnya, deg, ini yang rada berat. Enak kalo ngejalaninnya jadi anak sekolah di jaman Gusdur memerintah, liburnya sebulan, hehe. 10 malem terakhir di bulan Ramadhan sayang banget untuk dilewati karena ada 1 malam diantarnya dimana malam itu lebih baik dari 1000 bulan. Bayangin 1 sholat sunnah ibarat sholat selama 1000 bulan atau kurang lebih 80 tahun. Ini sih harus bilang WOW. Umur saya aja belum tentu nyampe. πŸ˜›
  5. Sukses Zakat Fitrahnya, untuk menyempurkan ibadah sepanjang bulan, inilah pamungkasnya. Jangan sampe ga sukes. Emang bisa?ya bisa kalo pas waktunya zakat yang diberikan misalnya pake beras raskin padahal sehari-harinya pake beras Rojo Lele (ada kan ya berasa namanya itu :D). Atau yang diberikan kurang dari 1 sho’. Dan atau juga diberikan setelah sholat Ied (aargh tidaaak, ini sih namanya kebakaran). Pamungkas karena amal ibadah kita selama sebulan ternyata masih menggantung selama belum di zakatin. Nah ketika sukses zakat fitrahnya baru deh sampe itu amalan disisi-Nya.

Mudah-mudahan kita semua bisa minimal mendapatkan ke 5 kesuksesan ini di bulan Ramadhan. Insyaa Allah (asik gaya ustad Maulana :D).

2 Comments

Filed under Light~Life

Marhaban Ya Ramadhan

Alhamdulillah ketemu bulan Ramadhan lagi, saya sangat-sangat mensyukurinya karena mungkin diantara orang-orang yang kita sayang, temen-temen kita, saudara-saudara kita ada yang tidak bisa menjumpainya lagi padahal bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Mari kita doakan buat mereka yang tidak menjumpainya lagi agar kita bisa bertemu bareng-bareng lagi di surga kelak. Amin.

Entah ya, saya pribadi selalu excited untuk memasuki bulan Ramadhan ini. Hawanya, suasanya, keindahannya, dan segala printilan tetek bengek itu cuman ada sebulan setahun sekali ya di bulan ini. Merunut ke belakang, saya ingat sekali pertama kali sadar namanya berpuasa, mungkin umur 4-6 tahun kali ya. Bulan Ramadhan kala itu jatuh pas di bulan Februari, jadi ingetnya atau dibilang rasanya, bulan puasa ya bulan Februari, kebetulan juga di tanggalan itu bisa 28 bisa 29. Maka ketika tahu bahwa ada yang 30 hari ya kaget juga karena bayang-bayang si bulan Februari kan cuman mentok di 29 itu juga empat tahun sekali. πŸ˜›

Syukurnya bertambah karena Ramadhan kali ini bersama istri tercinta (hai nyonya @untsu :*) dan si Haha (hai Haha *elus2) dan juga keluarga yang stabil. Ya masalah keluarga ini cukup pelik juga sekitar 2 tahun ke belakang, pun sampai sekarang masih ada yang belum beres. πŸ˜€

Daan kebiasaan semenjak SD, kelas 6 kali ya, berarti umur 12 tahunan, saya terbiasa punya target ibadah dalam bulan Ramadhan. Targetnya simpel aja sih, khatam Al-Quran minimal sekali. Mulai SMP dengan iming-iming duit lebaran oleh Ibu, jadilah rajiiin banget baca Al-Quran sampai khatam. Caranya satu hari minimal 1 juz. Bulan puasa kan 29-30 hari, jadi kurang lebih paslah. Tapi beberapa tahun kebelakang targetnya jadi kurang tercapai, bukannya makin rajin malah makin males, Β terutama setengah bulan ke arah Idul Fitri.

Jadi ini resolusinya, saya buat target utama baru di Ramadhan kali ini yaitu :

  1. Khatam Al-Quran bacaan 30 juz.
  2. Tertib sholat fardhu dalam artian diawalkan.
  3. Memperbanyak Sholat sunah.

Yak itu aja deh 3, itu juga dah berat banget. So strateginya harus disiapkan dari sekarang. Tunggu saya inget-inget dulu penyebabnya kenapa beberapa tahun terakhir ga kepegang targetnya. Mari kita list :

  • Kebanyakan acara bukber
  • Sibuk kerjaan
  • Keburu males gara2 target harian ga tercapai (1 hari satu juz)
  • Kebanyakan lahan (lahan itu adalah kegiatan2 yang tidak ada unsur ibadahnya seperti nonton TV, dengerin musik dll)

List no tiga kayaknya yang berpengaruh banget. Untuk mengakalinya (sebenernya ini strategi lama, tapi layak dicoba). Bacanya dibagi per sholat 5 waktu. 1 jus itu rata-rata di Al-Quran itu kurang lebih 10 lembar, artinya setiap sholat minimal baca 2 lembar. Tampak mudah bukan?hoho..tapi tak semudah prakteknya sodara-sodara. Untuk melengkapi strategi ini saya udah cari-cari aplikasi Al-Quran di Android yang oke dan dah nemu, namanya Quran Droid. Aplikasinya simpe, cukup lembaran Al-Quran bacaan yang ada bookmarknya. Yihaa, ga ada alasan untuk lupa dah sampai mana dan alasan ga ada Al-Quran, anytime, anywhere, now I can read my holy Quran.

Kalau istilah di internet, di bulan Ramadhan ini, Allah kasih bandwidht 1Gbps untuk download pahala sebanyak-banyaknya. Banyangin setiap pahala dilipat 10 kebaikan sampai dengan semau Allah. Dan alif lam mim (ayat pertama surat Al-Baqoroh) itu diitung 3 huruf atau sama dengan 30 pahala sampai tak hingga. Mantap kan?!

Ini targetku, mana targetmu?Mari saling mengingatkan, mari berlomba dalam mencari kebaikan. πŸ˜‰ Marhaban ya Ramadhan, mohon maaf jika saya ada salah baik yang disengaja maupun tidak disengaja. Happy Ramadhan πŸ˜€

5 Comments

Filed under Light~Life

STOP being FOOL

Gw termasuk orang yang gerah dengan rasa pesimistis yang akhir-akhir ini menjadi penyakit di sebagian masyarakat kita. Bukti sahihnya bisa diliat di berbagai media seperti twitter, facebook, forum-forum bahkan di media elektronik macam detik.com, kompas.com. Cek dibagian komentar! Misalnya mengeluh,ngedumel tentang pelayanan kereta, atau pernyataan dan keinginan pemerintah yang kurang pas. Lebih parah lagi penyakit ini juga dibarengi dengan kata-kata sindirian bahkan sampai cacian dan makian untuk pemerintah. Hei, gw bukan bukan pemerintahan ya yang nulis seperti ini, gw pun banyak dirugikan.

Jadi teringat kata Pak Harfan (kepala sekolah di SD Negeri Muhammadiyah Gantong di film Laskar Pelangi) : “Hiduplah Untuk Memberi yang Sebanyak-banyaknya, Bukan untuk Menerima yang Sebanyak-banyaknya.

Kita bukan rakyat parasit yang cuma minta madu ke inang kita saja bukan?Kita adalah bunga yang harumnya menyegarkan bagi setiap orang yang menghirupnya, kita adalah bunga yang memberi madu kepada setiap kupu-kupu dan lebah yang hinggap, kita adalah bunga yang mencerahkan bagi setiap yang melihat.

Temanku @amrulummami berkarya di bidang film, temanku @aryokuncoro berkya di urban architect, aku berkarya di bidang IT, da n teman-temanku yang lain sedang berkarya di bidangnya masing2, lalu apa bagianmu?

3 Comments

Filed under Light~Life

Accu Soak

*putar kunci

“jet..jet..jet..” ga mau hidup

Tiba-tiba aja si accu alias aki si Loopie ngadat. Omg, kebayang deh harus jajan. Puter otak lalu googling sana sini dengan keyword “Accu Soak, Memperbaiki Aki, Cara Kerja Aki”. Setelah baca sana-sini akhirnya memutuskan satu metode untuk diujicoba, ya iseng-iseng berhadiah sih. Siapa tau bisa diperbaiki.

Beringsut dari rumah, tujuannya beli accu zuur yaitu cairan khusus untuk accu yang berisi asam sulfat dan aquades yaitu air murni tanpa mineral apapun. Belilah di Toko Niaga dekete BTM, 1 Botol Accu Zuur, 2 Botol Aquades dengan kapasitas masing-masing 1 Liter.

Sampe rumah langsung buka kap si Loopie, dengan bantuan kunci pas 10 dibukalah kedua kutub accu. Abis itu keenam tutup accu dibuka, airnya dibuang. Ingat, buanglah di tempat / tanah yang tandus karena jika di tanah yang ada tanaman, dijamin tanamannya mati karena sifat asam sulfat.

Rebus air aquades, tujuannya buat menguras isi accu yang dengan kotoran-kotoran yang menempel. Curiganya inilah penyebabnya selain air accu yang tidak terjaga kapasitanya. Ga sampe mendidih airnya dituangkan ke setiap sel accu. Lalu dikocok-kocok, airnya dibuang hati-hati karena masih ada asam sulfatnya sedikit.

Beres, lalu accu diisi accu zuur di setiap selnya sampai batas maksimum. Pasang lagi accu ke si Loopie, lalu starter, hasilnya…..jreng jreng…distarter mau hidup. Yippie…kadang komponen itu ga perlu langsung diganti. Coba workaround hasilnya lumayan. Loopie kembali hidup, dibiarkan dulu 15 menit stationer untuk ngecharge accu. Coba dimatikan lalu dinyalakan, greng..perkasa. πŸ˜€

Pelajarannya, accu mesti dirawat dan dicek ketinggian airnya, jangan sampai dibawah minimum apalagi sampe kering, bisa modar tu accu. So kalau tiba-tiba soak, coba dikuras accunya pake cara diatas. Next, mau nyoba pake EDTA. Apa itu?coba googling.

Note: emang ya kalo kepepet apa juga bisa πŸ˜›

Update : Setelah bisa starter beberapa kali, sekarang accu-nya bener2 soak. Emang hasus beli yang baru πŸ˜€

Leave a comment

Filed under Light~Life