Halal Bihalal Blogor + Pemilihan Pupuhu Baru

Tepat 24 agustus yang lalu Blogor (Blogger Bogor) merayakan hari jadinya yang ke 4. Di usia yang demikian muda ternyata Blogor mengalami kemajuan yang amat cepat. Dilihat dari anggotanya, diawal berdiri jumlah anggota bisa dihitung dengan jari, sedangkan kini anggotanya sudah puluhan. Juga dari segi kegiatannya, Blogor sudah melanglang buana mengadakan dan menghadiri berbagai acara dari skala lokal maupun internasional. Tak lupa semakin banyak anggotanya yang semakin dikenal luas di dunia nyata dan memberikan kontribusi yang tidak sedikit bagi dunia perblogan.

Spesial hari ini atas inisiatif pembina Blogor yaitu Prof Sjafri Mangkuprawira yang juga guru besar di IPB, mengundang para anggota Blogor untuk hadir di kediamannya untuk menjalin silaturahim sekaligus memilih pupuhu (ketua) Blogor untuk kepengurusan baru yang sebelumnya jabatan pupuhu ini diemban oleh Kang MT untuk periode 2010-2012.

Diawal sambutannya Pak Sjafri memberikan ilmu bagi siapa pun yang akan diberi amanah untuk memberi sambutan bahwa ketika memberi sambutan harus bisa menempatkan diri dalam siapa yang menjadi audience acara dan apa yang diharapkan dari sambutannya (*selanjutnya bisa baca tulisan beliau yang ini). Kepada Blogor, belia memberi apresiasi yang tinggi terhadap perkembangannya juga berharap bahwa Blogor semakin menasional dan bahkan menginternasional.

Image

Berikutnya acara yang dihadiri kurang lebih 40 orang anggota Blogor mendengarkan laporan dari Pupuhu sebelumnya mengenai kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan Blogor. Beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan misalnya beberapa workshop juga mengisi acara untuk internet sehat ke sekolah-sekolah, siaran di radio sipatahunan dan lain-lain. Program yang direncakan namun belum berjalan adalah Internasional Festival Bloger. Acara ini sesuai yang diharapkan pembina Blogor disambutan sebelumnya yaitu Blogor lebih mengindonesia.

Menarik disini ketika para peserta diberi kesempatan untuk mengkritisi laporan pertanggunjawaban lisan ini.  Ada dua orang yang angkat bicara yaitu Pak Matsoni dan Pak Hartanto. Pak Matsoni mengkritisi komitmen awal yang dahulu pernah dibicarakan yaitu tentang kontribusi pada dunia pendirikan dengan mengadakan pelatihan kepada guru-guru di Bogor. Berlatar belakang akademisi juga sebagai salah satu founder Blogor, beliau menginginkan kegiatan ini difollow up karena Blogor pernah mengawali kegiatannya namun kelanjutannya tidak ada. Kedua, Pak Hartanto mengkritisi anggota Bogor untuk lebih aktif di dunia online. Memang akhir-akhir ini para anggota Blogor disibukan dengan undangan sana-sini dari berbagai sponsor dan brand. Jadi selain kegiatan offline tersebut alangkah lebih baiknya difollow up dengan memblogkan kegiatannya sehingga bermanfaat, so jangan hanya jadi goodie bag hunter aja (ehemm..hehe).

Acara intinya yaitu pemilihan pupuhu Blogor yang baru dilakukan dengan acara khas yaitu menunjuk dadakan dan diputuskan secara aklamasi oleh semua yang hadir. Dengan berbagai pertimbangan sebelumnya oleh pembina dan pengurus sebelumnya maka ditunjuklah Kang Harris Maulana sebagai next pupuhu Blogor. Ditandai dengan penyerahan asinan Bogor sebagai perlambang kelanjutan tongkat estafet maka resmi Kang Harris sebagai pupuhu yang baru. Pada sambutan awalnya, beliau menginginkan Bloger untuk kembali ke titahnya yaitu menulis blog walaupun media sosial lainnya telah makin berkembang, mudah dan digemari.

Makan-makan!!Acara wajib ketika ada talas bogor (talas istilah kopdar di Blogor, kepanjangannya tali asih). Rupanya sesuai janji Pak Sjafri maka dihidangkan dua jenis makanan yaitu ala Sunda dan ala Timur Tengah.

Sebagai keluarga Blogor, saya merasakan banyak sekali manfaat yang dihadirkan dengan adanya Blogor yaitu sebagai wadah untuk menyatukan keberagaman yang ada pada bloger Bogor. Dengan sumber daya manusia yang begitu “wah” disini, saya berharap agar pupuhu Blogor yang baru dapat meningkatkan kualitas anggota di dalamnya sembari terus memberi manfaat tak terbatas bagi dunia. Selamat ulang tahun Blogor, selamat menjalani amanah bagi Pupuhu dan pengurus yang baru nanti.🙂

Catatan :eniwey barangkali ada bloger bogor yang baca ini lalu berminat gabung, monggo loh😉

4 Comments

Filed under Blogor, Light~Life

4 responses to “Halal Bihalal Blogor + Pemilihan Pupuhu Baru

  1. Blogger yang keren-keren dan TOP. Semoga saya bisa belajar dari akang teteh semua..🙂

  2. ampe 4 taun aja bs 40 orang ckcckk salut. batagor.net udah 5 tahun aja makin vacuum ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s